Alat dan Bahan Lengkap Untuk Membuat Aquascape

|

Alat dan Bahan Lengkap Untuk Membuat Aquascape

Membuat aquascape adalah hal yang lumayan sulit, kita diharuskan untuk menjaga sebuah ekosistem air supaya bisa stabil dan saling terpenuhi. Layaknya tanaman air yang membutuhkan CO2 dan ikan yang membutuhkan O2, nah hal itu harus kita perhatikan. Disini Saya akan memberikan penjelasan mengenai Alat dan Bahan Lengkap Untuk Membuat Aquascape, mari simak artikelnya...

Sebelum membuat aquascape, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan, diantaranya :

  1. Akuarium (serta air tawar untuk mengisinya)
  2. Filter
  3. Substrat
  4. Rumah Bakteri (tidak wajib)
  5. Bakteri Starter (tidak wajib)
  6. Sumber Cahaya
  7. Pupuk (tidak wajib)
  8. Inject CO2 (tidak wajib)
  9. Flora berupa tanaman air
  10. Fauna
Mari kita bahas satu persatu, supaya Anda tahu apa fungsi dari setiap alat dan bahannya

1. Akuarium


Untuk membuat aquascape tentu kita memerlukan sebuah wadah untuk menampung ekosistem air yang akan dibuat. Sebenarnya tidak perlu menggunakan akuarium juga, asalkan alat tersebut mampu menampung air, seperti halnya toples yang biasa ada di atas meja.

Namun lebih mudah jika menggunakan akuarium. Ukurannya juga tidak ditentukan, kecil boleh, besar boleh. Semakin besar akan semakin mudah dalam penanaman tanaman air dan akan semakin mudah juga menghabiskan uang. Jadi ini semua tergantung isi dompet dan kebutuhan Anda.

2. Filter


Filter dalam sebuah aquascape berguna untuk menjernihkan air dan membuat arus air. Supaya keadaan akuarium lebih enak dipandang sampai berjam - jam. Ada berbagai jenis filter yang bisa digunakan seperti Hang On Filter (Filter Gantung), Top Box Filter, Undergravel Filter, dan yang paling bagus yaitu Canister Filter.

Semakin besar ukuran akuarium yang digunakan, tentu Anda harus menggunakan filter dengan ukuran yang cocok juga supaya bisa bekerja dengan baik.

3. Substrat


Substrat dalam aquascape digunakan sebagai media tanam. Sebenarnya tanah di pekarangan rumah juga bisa digunakan, namun akan membuat keadaan air mudah keruh. Ada beberapa jenis substrat khusus untuk aquascape, diantaranya :

Pasir Malang


Hampir semua toko akuarium menjual pasir malang ini. Karakteristik dari pasir malang yaitu warna yang hitam, meskipun sudah lama digunakan untuk aquascape warna hitam ini tidak akan berubah. Kelebihan lainnya yaitu harganya yang cukup murah, apalagi kalau beli sekarung. Di tempat Saya harga per kg nya Rp. 5.000.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa di pasir malang sudah mengandung nutrisi untuk tanaman. Namun menurut Saya nutrisi tersebut masih sedikit, kita tetap harus menambahkan pupuk sebagai nutrisi tambahan.

Pasir Silika


Pasir silika ini memiliki warna yang putih dan bisa membuat aquascape lebih indah karena terlihat terang. Namun harga pasir silika ini lebih mahal dari pasir malang. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa penggunaan pasir silika bisa menumbuhkan berbagai jenis alga, namun ini masih mitos.

Soil


Soil ini adalah substrat buatan ADA (Aqua Design Amano) yang diketuai oleh sang maestro, Takashi Amano. Soil ini berwarna coklat seperti tanah dan karena soil ini adalah buatan, jadi sudah ada beberapa nutrisi untuk mencukup tanaman. Tekstur nya juga agak lembut, jadi sangat mudah ditembus oleh akar. Meskipun banyak kelebihannya, harga soil tidak jauh beda dengan jenis substrat lainnya.

4. Rumah Bakteri (tidak wajib)


Seperti sebutannya "rumah", bukan "kostan" ya. Jadi bahan ini berfungsi sebagai tempat tinggal para bakteri yang berguna untuk kelangsungan hidup ekosistem aquascape nantinya. Namun rumah bakteri tidak harus selalu ada di dalam pembuatan aquascape.

5. Bakteri Starter (tidak wajib)


Awalnya Saya mengira bakteri starter ini berisi bakteri - bakteri yang nantinya kita simpan di rumah bakteri. Ternyata bukan, fungsi dari bakteri starter ini sangatlah menakjubkan yaitu dapat menjernihkan air dalam hitungan menit.

Waktu itu Saya membuat aquascape perdana, karena sudah tahu fungsi dari bakteri starter untuk menjernihkan air, maka Saya menyimpannya dibagian bawah. Hal ini terbukti setelah mengisi air full, setalah 5 menit keadaan air di akuarium langsung jernih begitu saja.

6. Sumber Cahaya


Cahaya dalam aquascape tentu sangat diperlukan untuk fotosintesis tanaman. Anda bisa menggunakan lampu sebagai sumber cahaya, seperti Lampu LED. Setiap tanaman membutuhkan pasokan cahaya yang berbeda supaya bisa tumbuh dengan baik. Jadi sebelum membuat aquascape Anda harus tahu dulu kebutuhan dari setiap tanaman yang ingin ditanam.

7. Pupuk (tidak wajib)


Supaya terciptanya tanaman yang sehat, tentu memerlukan tambahan nutrisi yang bisa kita dapatkan dari pupuk (pupuk dasar dan pupuk cair). Sebenarnya dalam substrat juga sudah mengandung sedikit nutrisi dan nutrisi lama kelamaan akan bertambah dari kotoran ikan. Namun alangkah lebih baiknya lagi untuk tetap menambahkan pupuk.

Bagi sebagian orang yang menggunakan soil, biasanya mereka tidak menambahkan pupuk dasar. Karena di dalam soil sudah mengandung nutrisi yang lumayan banyak.

8. Inject CO2 (tidak wajib)


Karbon dioksida (CO2) tentu sangat diperlukan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis. Namun penambahan CO2 ini tidak wajib, karena ada beberapa golongan tanaman yang bisa tumbuh tanpa penambahan inject CO2. Ingat "penambahan inject CO2" ya, bukan "tanpa CO2" karena tidak mungkin tanaman bisa tumbuh tanpa CO2.

Penggunaan CO2 jangan terlalu banyak setiap harinya. Ingatlah tanaman berfotosintesis ketika ada cahaya, jadi nyalakan lampu sekitar 5 - 8 jam perharinya. Di saat lampu menyala, tambahkan inject CO2 secukupnya, jangan terlalu banyak. Karena dapat membuat ikan mati

9. Flora


Tidak semua tanaman bisa hidup di dalam air, jadi Anda memerlukan tanaman air untuk membuat aquascape. Setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda - beda jika dilihat dari kebutuhan cahaya dan CO2.


Tanaman Berkebutuhan CO2 dan Cahaya Rendah


Tanaman ini mudah sekali tumbuh dan lumayan kebal meskipun kita menggunakan cahaya yang tidak terlalu terang dan tidak inject CO2. Contoh tanamannya seperti Moss, Anubias, Tennelus, Buce, dan lain - lain.

Meskipun berkebutuhan rendah, Anda tetap harus menjaga keberadaan CO2 di dalam air tesebut. Caranya yaitu dengan mengganti air secara rutin setiap harinya dengan menggunakan air sumur. Karena air sumur dipercaya mengandung CO2.

Tanaman Berkebutuhan CO2 dan Cahaya Sedang - Tinggi


Nah tanaman ini wajib inject CO2 supaya bisa tumbuh dengan baik dan cepat. Biasanya tanaman jenis karpet seperti Hair Grass, Monte Carlo, dan lain - lain.

10. Fauna atau Binatang Air


Fauna yang dimasukkan ke dalam aquascape jangan fauna yang agresif, karena akan jadi penghancur tanaman. Beberapa ikan seperti Guppy, Tetra, Manfish, Platy, Discuss adalah contoh ikan yang cocok untuk aquascape.

Selain ikan, kita memerlukan fauna lainnya seperti udang, keong tanduk, dan keong turbo yang berguna untuk membersihkan alga

Jadi itulah beberapa alat dan bahan lengkap untuk membuat aquascape. Ingat tidak semua peralatan harus ada, itu semua tergantung kebutuhan dan isi dompet Anda. Jangan memaksakan untuk membuat yang besar, karena aquascape ini adalah hobi yang mahal.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment