5 Jenis Gaya (Style) di Aquascape

Sebelumnya Anda harus mengetahui dulu Penjelasan Mengenai Aquascape. Nah aquascape sendiri tentunya memiliki berbagai gaya (style) yang berbeda - beda. Setiap gaya tentu memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari hardscape sampai tanaman yang digunakan.

Penggunaan gaya dalam aquascape tentu sangat diperlukan, supaya bisa menarik perhatian. Apalagi ketika ikut lomba, tema, aliran, gaya harus diperhitungkan dengan matang. Nah kali ini Saya akan memberikan informasi mengenai 5 jenis gaya (style) yang ada di aquascape, mari simak artikel ini

1. Dutch Style (Gaya Belanda)


5 Jenis Gaya (Style) di Aquascape

Dutch Style ini merupakan gaya atau aliran aquascape tertua, yaitu dari tahun 1930. Pada masa itu, gaya ini dipakai oleh seluruh aquarist Belanda. Dutch style ini biasanya tidak menggunakan hardscape seperti batu atau kayu apung, melainkan fokus dalam penanaman dan penempatan berbagai jenis tanaman stem.

Biasanya gaya ini, menggunakan 10 - 12 jenis tanaman stem dengan warna yang berbeda - beda. Semakin rumit penempatan tanamannya, semakin menambah nilai estetis dalam gaya ini. Formasi penempatan tanamannya juga, biasanya ditempatkan dari belakang menuju ke depan. 

Jika Anda ingin menggunakan gaya ini, pengetahuan akan jenis tanaman air seperti cara menanam, pengelompokkan, penempatan harus cukup luas. Karena point utama dari ducth style ini adalah keindahan pengelompokkan dan penempatan tanaman air yang cukup banyak

2. Iwagumi Style (Gaya Iwagumi)


5 Jenis Gaya (Style) di Aquascape

Iwagumi Style di perkenalkan oleh mastah dari Jepang, yaitu Takashi Amano. Secara garis besar, gaya iwagumi ini mewakili masyarakat Jepang yang suka dengan keindahan, spiritualistis, serta kesederhana. Oleh karena itu, gaya iwagumi ini hanya menggunakan batu sebagai hardscape nya dan hanya satu jenis tanaman (biasanya tanaman karpet). Ikan yang digunakan dalam gaya iwagumi ini juga biasanya hanya terdiri dari satu jenis ikan (selain ikan pembersih).

3. Nature Style (Gaya Alami)


5 Jenis Gaya (Style) di Aquascape

Sering kali disebut dengan gaya natural, seperti arti dari kata natural yaitu asli. Nature style ini merupakan konsep aquascape yang bertema dari alam, seperti pemandangan di alam sekitar. Hingga saat ini, gaya ini merupakan gaya yang populer bagi aquascaper di dunia,  dan gaya ini terinspirasi dari konsep berkebun Wabi Sabi di Jepang.

Pada dasarnya nature style ini menggambarkan miniatur di alam sekitar, seperti pengunungan, hutan hujan, bukit atau lembah. Perpaduan antara batu, kayu apung, dan jenis tanaman harus diperhatikan dalam gaya ini.

Ngomong - ngomong Saya adalah aquascaper pemula yang menggunakan gaya natural ini di tank perdana

4. Taiwanese Style (Gaya Taiwan)


5 Jenis Gaya (Style) di Aquascape

Mungkin gaya ini sudah jarang digunakan oleh para aquascaper di dunia, namun dulu gaya ini pernah berjaya di masa nya. Secara keseluruhan, gaya taiwan ini menggambarkan kehidupan atau lingkungan manusia di darat. Gaya Taiwan ini bisanya menggunakan aksersoris - aksesoris seperti replika rumah - rumahan, boneka atau orang - orangan, jembatan, jalan, pokoknya seperti lingkungan manusia di daratan deh.

5. Collectoritis Style


5 Jenis Gaya (Style) di Aquascape

Biasnya orang menyebutnya dengan gaya hutan belantara. Karena gaya ini tidak memiliki konsep apapun. Hanya menambahkan berbagai jenis tanaman tanpa memperhatikan penempatan dan pengelompokkannya. Bagi Anda yang masih pemula, bisa menggunakan gaya ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Jenis Gaya (Style) di Aquascape"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel