Cara Menanam Tanaman Aquascape yang Baik dan Benar

|

Cara menanam tanaman air di aquascape tentu berbeda dengan cara menanam tanaman darat seperti yang biasa dilakukan di pekarangan rumah atau kebun. Tentu hal ini harus sangat diperhitungkan, supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Selain tanaman, penggunaan hardscape dalam aquascape juga sangatlah penting. Seperti penggunaan jenis kayu yang cocok, penggunaan jenis batu yang cocok. Semua hal itu haruslah diperhitungkan demi terciptanya aquascape yang sangat indah.


Menanam Tanaman Aquascape



Ada berbagai jenis tanaman air yang bisa digunakan di aquascape. Setiap tanaman mempunyai proses yang berbeda untuk bisa tumbuh dengan baik. Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara menanam tanaman aquascape yang baik dan benar. Berikut Saya akan membahasnya


Tanaman Stem (Stem Plant)




Cara Menanam Tanaman Aquascape

Tanaman stem biasanya mudah sekali didapatkan dengan harga yang lumayan murah, biasanya disajikan dalam sebuah pot kecil. Tanaman ini biasanya dijual hanya batangnya saja, walaupun ada sebagian yang menjual utuh sama akarnya. Karena tanaman stem ini akan tumbuh memanjang, maka Anda harus menempatkannya dibagian belakang (background). Untuk cara menanamnya yaitu cukup mengambil satu batang lalu menancapkannya ke substrat sedalam 2 - 3cm. Harus ada jarak antara batang, supaya bisa berkembang dengan baik dan rapi.


Diikat



Cara Menanam Tanaman Aquascape

Selanjutnya yaitu dengan cara diikat di batu atau kayu (hardscape). Tanaman yang diikat yaitu seperti Anubias, Buce, Java Fern. Jadi kita hanya perlu mengikat tanaman ini ke hardscape supaya tanaman ini tidak mengambang. Biasanya diikat menggunakan benang, lama kelamaan benang tersebut bisa lapuk.

Tanaman Umbi (Bulb Plant)


Cara Menanam Tanaman Aquascape

Biasanya tanaman aquascape ini dijual dalam sebuah pot kecil yang umbinya dibungkus dengan kapas halus. Tentu karena umbi tersebut merupakan inti dari tanaman ini. Maka ketika akan menanamnya, kita harus membersihkan umbi tersebut dengan sangat hati - hati supaya struktur umbinya tidak rusak.

Cara menanam tanaman aquascape ini hampir sama dengan tanaman stem, namun jika tanaman umbi ini kita harus membuat lubang sebesar umbinya, kira - kira sedalam 2cm dan memasukkan umbi ke dalam lubang tersebut. Kemudian tutupi dengan substrat di setiap sisinya supaya tidak mengambang.

Moss (Lumut)


Cara Menanam Tanaman Aquascape

Moss biasanya ditempatkan di hardscape seperti kayu dan batu yang berfungsi sebagai pemanis dalam aquascape. Biasanya ditempatkan di sisi gelap, maka ketika moss ini tumbuh akan terlihat indah dengan warna hijau yang sangat mencolok.

Beberapa jenis moss yang populer seperti Java Moss, Peacock Moss, Christmas Moss. Untuk cara menanamnya sama dengan menanam anubias, yaitu di ikat di hardscape. Pengikatan harus benar - benar rapi dan kencang. Karena tanaman ini sangatlah ringan dan jika tidak kencang otomatis akan mengapung dan bisa menyumbat filter.

Moss bisa juga ditanam dengan cara di lem. Namun jangan di lem semua bagian moss nya, cukup satu titik saja. Karena bagian yg di lem tersebut lama - lama akan membusuk. Pengikatan atau pengeleman moss lebih baik dilakukan diluar aquascape, supaya lebih leluasa dan jika sudah beres baru dimasukkan ke dalam aquascape.

Baca Juga : 6 Tanaman Moss Terbaik Untuk Aquascape

Tanaman Rumput


Cara Menanam Tanaman Aquascape

Tanaman rumput seperti hairgrass biasanya ditempatkan di bagian bawah yang nantinya akan seperti rumput lapangan bola. Tanaman rumput  biasanya dijual dalam pot. Bersihkan akar sebelum menanam tanaman rumput, lalu beri sedikit air pada substrat hingga lembab. Kemudian tancapkan kedalam substrat kira - kira 2cm. Jangan lupa untuk memberi jarak supaya nantinya bisa rata.

Tanaman rumput ini mudah sekali tumbuh, maka Anda harus rajin melakukan pemotongan (trimming) jika terlihat mulai gondrong.

Penutup


Jadi itulah cara menanam tanaman aquascape yang benar. Perhatikan tanaman yang akan dibeli, jangan sampai membeli tanaman layu dan ada alga nya. Usahakan untuk membeli tanaman yang ada tanda - tanda kehidupan seperti adanya tunas baru.

Selain itu perhatikan juga penggunakan pupuk, CO2, lampu, hingga suhu supaya tanaman aquascape Anda bisa tumbuh dengan baik dan cepat.

Ada sedikit saran bagi pemula supaya aquascape Anda tidak gagal yaitu dengan menanam jenis tanaman yang mudah hidup dan berkembang. Jadi Anda tidak perlu merlakukan perlakuan khusus kepada tanaman tersebut.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment