Jenis Filter Terbaik Untuk Aquascape

Filter aquarium memang banyak jenisnya dan semua jenis filter tentu mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai alat penyaring, baik menyaring kotoran ataupun menyaring zat - zat berbahaya bagi kehidupan ikan hias. Namun tidak semua jenis filter cocok digunakan untuk aquascape. Sebelumnya proses penyaringan air akan maksimal jika Anda menambahkan Media Filter Air Aquarium dan Susunanya (Lengkap). Mari ke inti pembahasannya yaitu berikut beberapa jenis filter terbaik untuk aquascape

Jenis Filter Untuk Aquascape

1. Canister Filter

Jenis Filter Terbaik Untuk Aquascape

Filter canister adalah jenis filter terbaik dan populer digunakan dalam aquascape. Karena filter ini merupakan jenis filter eksternal (diluar) jadi kita bisa menempatkannya dimana saja, selama tempat tersebut lebih rendah dari tempat aquascape, karena filter ini memanfaatkan hukum fisika "air mengalir ke tempat yg lebih rendah". Menggunakan filter canister bisa membuat aquascape Anda menjadi rapih, karena kita hanya memasukkan 2 pipa (lilypipe) yang dihubungkan dengan input dan output pada filter tersebut.

Selain itu proses penyaringan filter ini sangatlah bagus, karena menggunakan media filter fisik, kimia, dan biologi. Sehingga air di dalam aquascape akan jernih dan terjaga kesehatannya. Namun harga filter canister pabrikan cukup mahal, untuk mengatasinya kita bisa membuat filter canister diy.

2. Hang On Back (HOB)

Jenis Filter Terbaik Untuk Aquascape

Filter HOB ditempatkan dengan cara digantung dari luar aquascape. Filter ini sangat cocok untuk aquascape ukuran nano (kecil), karena arus dan daya sedot nya juga kecil. Harga filter ini juga tergolong murah dan banyak dijual diberbagai tempat akuarium. Namun media filtrasi yang digunakan cukup sederhana, biasanya hanya karbon aktif, dan busa saja. Tentu hal tersebut kurang efektif untuk menyaring air secara maksimal. Tapi secara keseluruhan cocok - cocok saja selama digunakan dalam aquascape ukuran nano.

3. Under Gravel Filter (UGF)

Jenis Filter Terbaik Untuk Aquascape

Filter UGF berbentuk lempeng dan biasanya ditempatkan di dasar akuarium (dibawah substrat). Filter ini cukup rapih jika kita menggunakannya, karena posisinya tadi yang disimpan dibawah substrat dan memiliki pipa yang bisa kita samarkan. Namun sekarang jenis filter ini sudah mulai ditinggalkan, walaupun harganya cukup murah. Karena filter ini berada dibawah substrat, maka kita susah untuk memersihkannya sampai bisa - bisa tersumbat oleh substrat kecil yang masuk. Selain itu sangat tidak cocok jika dalam aquascape nya kita tambahkan soil atau pupuk dasar, karena bahan tersebut mudah larut dalam air dan jika sudah larut bisa - bisa merangsang pertumbuhan alga. Daya serap filter ini juga akan berkurang jika diatasnya terdapat hardscape seperti batu dan kayu.

Baca Juga : 8 Fauna Pemakan Alga Terbaik Untuk Aquascape

Jadi itulah beberapa filter yang cocok untuk aquascape. Menurut Saya filter terbaik untuk aquascape adalah Canister Filter, karena memang filter ini mampu menyaring air secara maksimal dan cukup rapi jika digunakan dalam aquascape. Mungkin cukup sekian untuk kali ini, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Filter Terbaik Untuk Aquascape"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel