Media Filter Air Aquarium dan Susunannya (Lengkap)

|

Filtrasi atau penyaringan air dalam sebuah aquarium sangatlah penting dan harus benar - benar diperhatikan, apalagi bagi Anda yang mempunyai aquascape. Ada berbagai jenis filter yang bisa digunakan di aquascape. Namun jika hanya filter, tanpa media filtrasi yang bagus tentu akan berdampak buruk terhadap air aquarium aquascape. Karena selain berfungsi untuk menyaring kotoran, media filter berfungsi juga sebagai rumah bakteri.

Karena hal ini sangatlah penting dan wajib diketahui, maka kali ini Saya akan memberikan beberapa media filter air aquarium aquascape yang bagus beserta susunan media filter tersebut. Mari simak penjelasannya dibawah ini

Apa saja media filter air aquarium yg bagus ?

1. Filter Biologis

Media Filter Air Aquarium dan Susunannya

Fungsi dari filter biologis yaitu untuk memecah partikel besar menjadi partikel kecil dan dijadikan sebagai tempat hidup bakteri, dimana bakteri tersebut dapat mengubah nitrit menjadi nitrat yang sangat mempengaruhi tanaman aquascape dan juga mampu mengurangi kandungan amonia, baik amonia dari kotoran ikan maupun amonia asli dari airnya.

Karakteristik dari filter biologis yaitu berongga (poros) yang sangatlah kecil, karena bakteri bisa hidup di rongga yang sangat kecil dan tidak terlihat dengan mata telanjang. Namun perlu waktu kira - kira hingga 40 hari (menurut  buku Laurence Suryanata) supaya filter biologis ini bisa dihidupi bakteri dan berperan dengan baik. Filter biologis yang bisa digunakan dan banyak dijual di toko aquarium adalah Ceramic Ring dan Bioball.

2. Filter Mekanik

Media Filter Air Aquarium dan Susunannya

Media filter ini akan menyaring partikel kecil dan besar yang berusaha melewatinya. Bakteri bisa tumbuh di filter mekanik ini, karena medianya berongga (poros). Namun media ini harus diganti jika sudah mampet dan hal tersebut bisa membunuh bakteri yang sudah tersusun. Filter mekanik yang bisa kita gunakan dan banyak dijual di toko aquarium yaitu Kapas Dracon (halus) dan Kapas Kasar.

3. Filter Kimiawi

Media Filter Air Aquarium dan Susunannya

Media filter ini menyerap secara kimiawi, menukar seluruh kandungan ion dan melakukan filtrasi terhadap semua kandungan yang melewatinya. Media filter kimiawi sangat tidak disarankan digunakan, apalagi untuk aquascape. Karena media ini mampu menyerap kandungan - kandungan yang dibutuhkan juga oleh tanaman air, seperti nutrisi. Contoh dari filter kimiawi yaitu :

  • Carbon Active, masa pakai hanya 1 bulan
  • Zeolite, masa pakai 3 bulan

Bagaimana susunan media filter yg bagus ?

1. Lapisan pertama kita gunakan pemecah partikel besar menjadi partikel kecil dengan menggunakan Ceramic Ring

2. Lapisan kedua kita tambahkan media filter yang mampu menahan patikel kecil dari lapisan pertama tersebut, kita bisa menggunakan kapas dracon (halus) atau kapas kasar

3. Lapisan ketiga kita tambahkan filter biologis yang berpori banyak sebagai tempat hidup bakteri, contohnya Bioball

4. Lapisan terakhir kita tambahkan kapas halus (warna putih) yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang tersisa

Dengan susunan media filter tersebut kita akan jarang melakukan perawatan filter, karena filter tidak mudah tersumbat. Filter harus dicuci selama 6 - 8 bulan sekali jika menggunakan lapisan seperti diatas, dengan begitu tentu akan menghemat waktu.

Jadi itulah media filter yang bagus beserta susunan nya yang bisa Anda gunakan untuk aquarium dan aquascape. Semoga bermanfaat.

Referensi : http://forum.o-fish.com/printthread.php?tid=17945

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment