Tips Memelihara Ikan Discus dalam Aquascape yang Baik & Benar

|

Discus merupakan ikan hias air tawar yang mahal, kemahalan ini sebanding dengan keindahan ikan tersebut, mulai dari warna, corak, bentuk, sampai cara berenang yang sangat anggun. Memelihara ikan discus dalam aquascape merupakan tantangan supaya ikan discus bisa hidup sehat dan berkembang. Karena ikan ini sangat rentan terkena infeksi virus dan bakteri, dimana ketika sudah terinfeksi perlu penanganan khusus untuk memulihkannya.

Bermulai dari rasa penasaran "seberapa sensitifnya ikan discus", akhirnya Saya mencari info kesana - sini dan akhirnya mendapatkan kesimpulan mengenai tips memelihara ikan discus supaya sehat dalam aquascape air tawar, dan pada kesempatan kali ini Saya ingin membagikannya kembali kepada kalian.

Tips Memelihara Ikan Discus dalam Aquascape

Tips Memelihara Ikan Discus dalam Aquascape
Keindahan Discus di Aquascape

Kita tahu bahwa dalam aquascape terdapat berbagai jenis layout yang kita susun, mulai dari kayu, batu, substrat, sampai tanaman air. Hal tersebut tidak masalah, karena ikan discus juga hidup di sungai Amazon dan mereka sangat suka bersembunyi di akar pepohonan agar terhindar dari predator. Namun ada beberapa masalah lainnya yang harus kita pahami sebelum memelihara ikan discus di aquascape. Berikut pembahasannya...

Ukuran Akuarium

Supaya ikan Discus bisa hidup bebas, sehat, dan berkembang dengan baik, ukuran akuarium harus kita perhitungkan. Meskipun ikan ini merupakan perenang yang lambat, namun ukuran akuarium yang untuk ikan ini yaitu panjang minimal 1 meter, karena semakin kecil ukuran akuarium bisa membuat pertumbuhan ikan semakin tidak stabil.

Suhu Air

Nah ini persoalan yang berbanding terbalik dengan aquascape. Ikan discus bisa hidup sehat di suhu air 28 - 30 derajat Celcius, sedangkan tanaman air akan tumbuh dengan baik di suhu kurang dari 25 derajat Celcius. Oleh karena itu, kita harus menstabilkan antara suhu yang cocok untuk tanaman air dan suhu yang cocok untuk ikan discus menggunakan alat pemanas (Heater).

Selain itu, jika kita berasumsi ingin sekali memelihara ikan discus dalam aquascape. Maka jenis tanaman yang digunakan juga harus dipilih, kita harus memilih tanaman yang bisa hidup di suhu yang sama seperti ikan discus. Berikut beberapa rekomendasi tanamannya :

  • Anubias
  • Bucephalandra
  • Java Vern
  • Lectus
  • Windelov
  • Cryptocoryne
  • Tiger Lotus
  • Lili air
  • bantu tambahkan (komentar)
Pemberian pupuk cair dan CO2 yang stabil mampu membuat tanaman hidup sehat dan terus berkembang seiring berkembangannya ikan discus juga.

Gunakan Substrat yang Cocok

Karena discus adalah ikan yang sensitif sampai - sampai kita harus memperhatikan jenis substrat yang dipakai. Pasir malang bisa saja digunakan, asalkan kita rajin membersihkannya supaya ikan terhindari dari jamur. Alangkah baiknya menggunakan pasir yang terang, seperti soil, pasir silika (dibersihkan dulu), karena jika menggunakan pasir yang gelap akan terdapat bintik - bintik hitam di badan discus yang biasa disebut "pasiran".

Awal - awal Susah Makan

Jangan heran ketika pertama kali memasukkan ikan discus ke aquascape dan ternyata ikan tersebut susah makan sampai berhari - hari. Hal tersebut bisa karena ikan masih adaptasi dengan lingkungan barunya. Selain itu Anda harus menanyakan kepada penjual mengenai jenis pakan yang biasa dikasihkan ke ikan tersebut. Kebanyakan ikan discus dikasih makan cacing beku, karena pakan tersebut mengandung banyak protein yang bisa merangsang pertumbuhan ikan.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa melatih ikan agar bisa memakan pelet, misalnya Tetra Bits. Biasanya ikan di puasakan kurang lebih sampai 3 hari dan sedikit demi sedikit kita kenalkan dengan pelet. Discus tidak mau memakan pelet, karena dia belum tahu bahwa itu makanan, maka kita harus mengenalkan dan membiasakannya. Perhatikan pula jenis pakan yang diberikan, kita harus memberikan jenis pakan yang cocok supaya ikan discus bisa hidup sehat dan memiliki warna yang sangat kontras.


Perhatikan Ketika Awal Memasukkan Disqus

Ketika Anda ingin memelihara disqus dalam aquascape, perhatikan ketika Anda mulai memasukkannya. Simpan plastik yang berisi ikan di permukaan air selama 15 - 20 menit ini bertujuan supaya suhu air sesuai. Setalah itu buang 50% air di plastik dan sisanya masukkan bersama ikan ke dalam aquascape, masukkan dengan sangat hati - hati.

Mungkin awal dimasukkan ikan akan sedikit kaget dan warna menjadi agak pucat. Warna ikan discus menunjukkan kondisi ikan tersebut. Jika lagi senang dan sehat dia akan berwarna cerah, begitu sebaliknya. Walaupun ikan tidak mau makan sampai beberapa hari tetapi tidak menyendiri dan diam di sudut, jangan khawatir nanti juga nafsu makannya kembali. Namun yang harus dicurigai jika ikan menyendiri dan tidak mau kemana - mana, bisa - bisa discus tidak nyaman ditempat barunya.

Suka Bergerombol

Di alam bebas, ikan ini suka hidup bersama dengan kelompoknya. Maka supaya ikan discus tidak galau dan mempunyai teman berenangnya, usahakan untuk memelihara minimal 2 ikan dalam aquascape Anda.

Mungkin sekian yang bisa Saya berikan mengenai tips memelihara ikan discus dalam aquascape. Apapun jenis ikannya, pelihara dengan hati supaya ikan bisa hidup sehat. Saya membuka kolom komentar bagi yang ingin bertanya dan menambahkan. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment