Mengenal Jenis Alga dan Cara Ampuh Mengatasinya

|

Alga merupakan kelompok organisme autotrof yang bahkan tidak memiliki organ layaknya tumbuhan seperti biasanya (akar, daun, batang, bunga,dll) serta memiliki struktur reproduksi yang sangat sederhana. Keberadaan alga di akuarim memang sangat dibutuhkan, karena itu artinya adanya kehidupan. Namun jika keberadaannya berlebihan tentu sangat tidak diinginkan karena bisa bersifat sebagai penghancur. Nah biasanya alga suka menyerang aquascape dan penyerangan tersebut merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan dalam aquascape.

Maka untuk itu kali ini Saya ingin memberikan informasi mulai dari mengenal jenis - jens alga sampai ke cara mengatasi alga di aquascape Anda. Mari kita mulai pembahasannya.


Jenis - Jenis Alga


1. Brown Algae (Diatoms)


Sesuai dengan namanya, alga yang satu ini berwarna coklat dan suka menempel di permukaan kaca, batu, dan substrat. Brown Alga biasanya muncul di saat aquascape masih awal setup, dan setelah aquascape mature alga ini biasanya hilang dengan sendirinya.

Cara mengatasi brown alga ini, biasanya Saya suka membersihkannya dengan sikat gigi atau kapas pada saat melakukan pergantian air. Namun jika masih belum hilang, Anda bisa menambahkan keong tanduk, keong turbo dan ikan Otocinclus.

2. Blue Green Alga (BGA)


BGA sebenarnya bukan asli alga, melainkan bakteri yang disebut cyanobacteria dan mampu berfotosintesis. Alga ini sering menempel di substrat dan tempat - tempat yang terkena cahaya secara langsung. Penyabab munculnya alga ini dikarenakan kandungan nitrat yang kurang dalam aquascape Anda. Sebenarnya blue green alga akan hilang dengan sendirinya, namun akan tumbuh kembali dengan sangat cepat.

Baca Juga : Jenis Ikan Populer yang Cocok Untuk Aquascape

Untuk mengatasi blue green alga ini kita bisa membersihkan air secara rutin sebanyak 50% dan memberi kandungan nitrat ke dalam akuarium. Selain itu ada teknik yaitu dengan cara memasukkan aerator berupa airstone selama 3 - 4 hari dan kondisi akuarium harus di tutup, jangan ada cahaya masuk.

3. Green Dust Alga (GDA)


GDA (Green Dust Alga) biasanya berupa debu yang berwarna hijau dan biasa menempel di permukaan kaca. Biasanya alga ini akan muncul di aquascape baru atau awal setup. Kurangnya kadar CO2 dan rendahnya nutrisi merupakan penyebab munculnya alga ini.

Cara mengatasi green dust alga ini hampir sama dengan brown alga yaitu rutin mengganti air sebanyak 50 - 70% dan membersihkan alga dari permukaan kaca menggunakan lap atau kapas pada saat pergantian air.

4. Black Beard Alga (BBA)


BBA ini merupakan alga yang paling ditakuti, sering tumbuh sampai 0.5cm (panjang) di ujung tanaman yang karakteristiknya lama tumbuh. Selain itu, alga ini juga bisa tumbuh di hardscape dan peralatan mekanik seperti filter dan alat - alat lainnya.

Baca Juga : Tips Memelihara Ikan Discus dalam Aquascape

Black beard alga bisa tumbuh di aquascape disebabkan karena kurangnya kadar CO2 yang terlarut atau CO2 berfluktasi (turun naik), dan sirkulasi air yang kurang menyeluruh. Maka untuk mengatasi alga ini yaitu dengan inject CO2 secara stabil (tidak berkluktasi) atau bisa juga dengan menggunakan metode Blackout atau memotong daun yang terkena BBA. Sedangkan cara alami untuk membasmi alga ini yaitu dengan memasukkan algae eater seperi ikan SAE (Siamese Algae Eater).

5. Green Spot Algae (GSA)


GSA ini berbentuk seperti bintik - bintik membulat dan biasa menempel di permukaan kaca dan permukaan daun. Penyebab munculnya alga ini yaitu kurangnya kadar phospat dan rendahnya kadar CO2 yang terlarut dalam air. Maka untuk mengatasinya kita bisa menambahkan kadar phospat menggunakan monobasic pottasium phospate dan menambahkan kadar CO2 yang terlarut serta membuat sirkulasi air berjalan dengan normal. Selain itu ada saran dari para Aquarist yaitu untuk menghilangkah green spot alga ini kita bisa memberikan cahaya selama 9 - 10 jam perhari.

6. Green Water


Seperti namanya alga ini menyebabkan keadaan air menjadi hijau dan bisa menghilangkah keindahan aquascape. Penyebab utama terjadinya green water adalah ketidakseimbangan antara nutrisi dan CO2 yang terlarut. Cara mengatasinya kita bisa melakukan pergantian air secara rutin, namun cara tersebut masih kurang ampuh. Cara ampuh nya yaitu dengan menyeimbangkan berbagai unsur penting yang ada di aquascape.

7. Hair Alga


Kita sering mengenalnya dengan Alga Rambut karena memang bentuknya panjang seperti helaian rambut dan berwarna coklat. Biasanya menempel di permukaan kaca dan permukaan daun juga. Penyebab munculnya alga rambut adalah tingginya amonia dan rendahnya nutrisi serta rendahnya kadar CO2 yang terlarut dalam air.

Untuk mengatasi alga rambut, biasanya Saya memasukkan alga eater dalam jumlah banyak ke dalam aquascape, seperti ikan SAE, CAE, Amano, RCS, dll.

Penutup

Adanya alga dalam aquascape adalah sebuah ciri bahwa adanya kehidupan dalam aquascape tersebut. Namun jika alga menyerang secara berlebihan atau dalam jumlah banyak, hal tersebut merupakan faktor kegagalan aquascape Anda. Maka kita bisa mencegah atau mengatasi alga di aquascape dengan berbagai cara, seperti metode blackout atau cara alami nya kita bisa memasukkan Alga Eater kedalam aquascape.

Terkait : 8 Fauna Pemakan Alga Terbaik Untuk Aquascape

Mungkin sekian yang bisa Saya sampaikan, silahkan berkomentar jika ada hal yang ingin ditanyakan atau mungkin ada saran. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment