Cara Menyuburkan Tanaman Aquascape Untuk Pemula

Berbagai tanaman telah ditanam dengan benar di aquascape, tapi selang waktu beberapa minggu beberapa tanaman mulai terlihat layu dan daun menguning itu adalah sebuah pertanda. Kemungkinan pertama tanaman sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya dan kemungkinan kedua bisa saja tanaman itu sudah tidak bisa adaptasi dan jelas akan mati.

Semua scapers tentu ingin memiliki aquascape dengan tanaman yang sangat subur, tumbuh sehat, berkembang cepat hingga aquascape terlihat sangat indah. Untuk mencapai hasil akhir seperti itu tentu harus ada perawatan.

Lantas bagaimana cara menyuburkan tanaman aquascape ? Nah di artikel ini saya akan memberikan beberapa tips yang umumnya digunakan supaya tanaman aquascape sehat dan berkembang cepat.


Persiapkan Tanaman Aquascape


cara menyuburkan tanaman aquascape

Jenis tanaman dan kondisinya adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Usahakan untuk memilih jenis tanaman yang cocok dengan peralatan (equipment) yang kamu punya atau terjangkau untuk dibeli.

Jadi ketika low budget, ya beli tanaman low budget juga. Intinya menyesuaikan dengan budget dan peralatan. Karena setiap jenis tanaman memiliki sifat yang berbeda dan jelas cara merawatnya pun berbeda.

Selain itu usahakan bahkan wajib, kondisi tanaman yang akan ditanam dalam keadaan segar dan sehat. Jangan sampai membeli tanaman aquascape yang daunnya sudah menguning atau layu. Selain itu perhatikan juga secara detail, apakah ada alga pada tanaman tersebut atau tidak.

Karena alga bisa menjadi penghambat bahkan faktor kegagalan aquascape nantinya. Meskipun ada beberapa fauna pemakan alga. Akan tetapi mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berbagai Cara Menyuburkan Tanaman Aquascape

1. Menggunakan Pupuk Dasar

membuat tanaman aquascape subur
sumber gambar : bibitbunga.com

Tidak lain dan tidak bukan bahwa pupuk adalah cara untuk menyuburkan tanaman aquascape, sama halnya seperti tanaman darat lainnya. Penggunaan pupuk dasar sangat dianjurkan, sekalipun menggunakan soil sebagai substrat.

Pupuk dasar ini memiliki berbagai kandungan hara yang nantinya sangat dibutuhkan oleh tanaman aquascape. Namun pukdas ini wajib digunakan apabila jenis tanaman yang digunakan adalah tanaman stem.

Biasanya pupuk dasar disimpan pada lapisan terbawah bersama rumah bakteri. Tapi perhatikan juga ketebalan substrat, dalam artian jangan terlalu tebal supaya akar tanaman bisa dengan mudah menembus dan menemukan pupuk dasar tersebut.

Rekomendasi : Tanaman Aquascape Yang Mudah Dipelihara

Selain itu jangan biarkan pupuk dasar bocor, karena akan memengaruhi kandungan pada air dan nantinya alga akan cepat tumbuh.

2. Menggunakan Pupuk Cair Secara Teratur

menyuburkan aquascape

Adapun untuk beberapa tanaman yang akarnya tidak menusuk ke tanah tentu sangat bergantung pada kandungan nutirsi yang ada di air. Maka untuk memenuhi berbagai kandungan tersebut membutuhkan Pupuk Cair (Pukcir), yang mana bisa kamu beli secara praktis lewat toko online.

Jenis pukcir yang umum digunakan dan teruji mampu membuat tanaman subur yaitu Macro+ dan Micro+.

Dimana Macro+ memiliki unsur terbesar yang dibutuhkan oleh tanaman seperti Nitrogen, Phospat, Kalium, Kalsium, Magnesium, dan Sulfur. Sedangkan Micro+ memiliki unsur pelengkap yang dibutuhkan tanaman seperti Besi, Mangan, Boron, Molibdenum, Tembaga, Seng, Cobalt, Natrium, Silikon, Nikel, dan Klor.

Tapi kamu butuh penjadwalan (schedule) dalam menggunakan pupuk cari ini. Karena apabila menggunakannya terlalu banyak malah bisa menumbuhkan alga bukan membantu menyuburkan tanaman.

Umumnya pukcir digunakan 3 hari sekali atau 1 minggu sekali setelah beres melakukan Water Change (WC). Banyaknya semprotan yang harus dilakukannya bisa kamu lihat cara pemakainnya di bagian botol pukcir tersebut.

3. Cahaya

cara menyuburkan tanaman aquascape

Saya yakin kamu tahu bahwa tanaman akan hidup, subur, dan tumbuh dengan cepat apabila tersinari oleh cahaya matahari. Hal tersebut karena memang tumbuhan membutuhkan cahaya tersebut untuk membuat makanan.

Begitu juga dengan tanaman air, namun cahaya matahari disini bisa diganti dengan lampu. Kecerahan lampu tentu harus diperhatikan, hal ini merujuk ke sifat tanaman yang berbeda - beda. Beberapa tanaman ada yang membutuhkan tingkat kecerahan tinggi, begitu juga sebaliknya.

Jadi kembali lagi untuk memahami sifat tanaman yang akan ditanam di aquascape.

4. CO2 Tercukupi

menyuburkan tanaman aquascape

Faktor terakhir yang mampu menyuburkan tanaman aquascape yaitu Karbondioksida (CO2). Adapun alat penghasil CO2 seperti tabung atau dari pencampuran beberapa bahan seperti CO2 Cisod atau CO2 Ragul.

Kenapa CO2 ? Karena tanaman membutuhkannya sebagai bahan pembakaran semua nutirisi yang dia serap sehingga bisa menghasilkan makanan untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhannya.

Jadi kurang maksimal apabila pemberian nutirisi sudah maksimal tapi tanaman kekurangan bahan untuk mengolahnya menjadi makanan.

Tapi penggunakan CO2 juga harus teratur, dimana digunakan ketika lampu menyala dan tidak berlebihan. Karena apabila berlebihan yang akan terjadi yaitu kandungan CO2 lebih banyak dari O2, otomatis ikan dan hewan lainnya akan mati. Selain itu usahakan juga CO2 tersebar supaya tanaman bisa dengan mudah menyerapnya

Secara umum itulah beberapa cara menyuburkan tanaman aquascape yang bisa kamu lakukan. Untuk pemula saya sarankan terlebih dahulu untuk memahami, belajar mengenai cara merawat tanaman. Apabila sudah merasa bisa, silahkan gunakan tahapan lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menyuburkan Tanaman Aquascape Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel