10 Cara membuat Aquascape Mudah Untuk Pemula

|

Cara membuat Aquascape Mudah Untuk Pemula

Memiliki tempat tinggal yang nyaman bukan hanya manusia yang membutuhkan. Hewan pun perlu mempunyai tempat yang cantik untuk di tempati supaya betah, dengan beberapa hiasan aksesoris salah satunya adalah aquascape. Tahukah anda aquascape berbeda loh dengan aquarium. Aquarium dan aqauascape hampir sama di kalangan pemula yang hobi dengan ikan hias, namun disini beda nya aquarium hanya sebagai tempat memelihara ikan sedangkan aquascape tidak hanya sebagai tempat ikan yang di taro melainkan ada hiasan seperti rumput, batu karang lampu dan lain-lain.


Aquascape ialah seni yang mengatur tanaman, batu, air, kayu dalam media kaca yang berbentuk kotak persegi yang sama dengan aquarium. Keindahan yang terdapat pada aquascape yang sudah jadi menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian orang.


Penjelasan nya diatas nampaknya sudah dipaham, karena ditulis dengan kata yang mudah dipahami. Langsung ke tema utama yaitu membuat aquascape yang mudah bagi pemula.


Cara membuat aquascape dengan mudah

Oya sebelum melaksanakan siapkan dulu bahan-bahan yang nantinya dibuat untuk aquascape :
  • Kaca bening bentuk kotak ukuran nya beba
  • Pasir
  • Tanaman hias
  •  Kayu
  •  Batu karang
  •  Pupuk malang
  •   Air
  • Filter
  • Fauna ikan hias, ikan cupang dan sejenisnya
  •  Lampu
  •  Diffuser O2

1. Bersihkan Kaca Kotak

Pertama cuci bersih aqaurium yang ingin dijadikan aquascape hingga bersih dalam dan luar. Lalu mulai masukan aksesoris kedalam. Jika sudah steril dan bersih lalu mulai buat aquascape.

2. Memasukan Pasir Ke dalam Aquascape

Guna nya pasir untuk dasar aquascape dengan tebal minimal 3 cm. Usahakan buat lekungan di tengah agar mudah saat memberi pupuk nantinya. Bisa juga ditambah dengan karbon aktif untuk menyerap zat bahaya dalam air.

Pasir yang digunakan umum tapi lebih bagus kalian pakai pasir malang yang warna hitam. Kebanyakan para pembuat aquascape menggunakan pasir malang karena lebih mudah pertumbuhan rumput nya dengan pupuk.

3. Pemberian Pupuk

Selanjutnya memberi pupuk tepat diatas pasir taburkan pupuk yang merata ketebalan 2 cm pada cekungan yang tadi sudah dibuat supaya pupuk tidak terlihat dari luar kaca yang bisa sedikit mengganggu keindahan aquascape. Oya gunakan pupuk yang bagus ya supaya hasilnya juga bagus. 

4. Tutup Pupuk Dengan Pasir

Jika sudah selesai menabur pupuk selanjutnya tutup kembali dengan pasir ya, usahakan saat menutup pupuk tidak terlihat lagi.

5. Memasukan Batu karang

Masukan batu yang bentuk nya bagus supaya jika sudah jadi aquascape nampak lebih cantik dilihat.

6. Tanaman

Oya sebelum meletakkan tanaman kedalam aquascape kalian masukan air terlebih dahulu ya, tinggi air nya seperempat dari tinggi aquarium.
Ketika memasukkan air harus pelan-pelan agar tidak merusak dekorasi yang di susun.

Jika sudah selesai kalian tinggal memberikan tanaman yang ingin dipasang dan jaga jangan sampai tanaman nya jadi layu tidak tumbuh subur.

7. Mengisi Air Aquascape

Selanjutnya jika sudah selesai menghias aquascape anda tinggal memasukan air kedalam aquarium hingga penuh. Lakukan perlahan-lahan agar tidak rusak.

Nah jika sudah penuh lalu buang air sebanyak 70% dari volume air. Tujuan dari dibuangnya air tadi untuk membuang kotoran zat kimia yang berbahaya dari benda-benda hiasan tadi.

Lalu isi kembali air hingga penuh ke dalam aquascape dengan cara yang sama. Setelah itu air yang ada dalam aquascape jadi keruh dan sedikit keputihan tapi jangan khawatir dalam waktu 2-3 hari air akan jernih kembali.

8. Memasang Diffuser O2 Pada Aquascape

Setelah itu mulai pasang perangkat yang perlu seperti filter, lampu dan diffuser o2. 

Filter berfungsi untuk menyaring air sehingga air bersih dan terjaga.

Lampu yang di pasang berfungsi untuk memberikan cahaya pada tanaman untuk proses fotosintetis. Disarankan lampu dinyalakan 7-9 jam saja, jika 24 jam maka dapat menyebabkan algae yang membuat air kotor atau keruh.

9. Rawatan Aquascape Dua Minggu Pertama

Setelah selesai semua menyusun hiasan tanaman dan memasang perangkat yang dibutuhkan perlu rawatan yang khusus ya di dua minggu pertama. Hal ini di lakukan supaya ekosistem yang terdapat di aquascape tetap hidup.

Minggu pertama buanglah air volume 30% setiap hari lalu ganti dengan air yang bersih. Ini bertujuan membuang kotoran dan zat bahaya di aquascape yang memicu tumbuh nya bakteri tidak baik.

Minggu ke dua lakukan sama dengan minggu pertama tapi pergantian air nya setiap tiga hari sekali dan untuk seterus nya air di ganti seminggu sekali.

10. Masukan Ikan Kedalam Aquascape

Kalian tidak di sarankan untuk langsung memasukan fauna begitu selesai membuat aquascape. Khawatirnya ikan pada mati.

Kenapa begitu? Karena masih banyak kotoran dalam air tunggu sampai dua minggu sampai air bersih dan bening. 

Setelah dua minggu mulai kalian memasukan hewan kecil-kecil khusus nya ikan.

Simpel dan mudah cara membuat aquascape diatas, silahkan dicoab.










Related Posts

0 komentar:

Post a Comment